Menggunakan keyboard komputer sebenarnya tidak boleh grasak-grusuk supaya keyboard awet. Harus tahu cara merawat keyboard, cara memberihkannya juga tentu tujuannya agar keyboard awet dan lancar saat digunakan.

Cara Efektif Merawat Keyboard Komputer adalah sesuatu yang mesti anda lakukan sehingga keyboard anda menjadi awet dan mengetik juga menjadi lancar. Nah apa saja yang perlu diperhatikan untuk merawat Keyboard komputer tersebut, berikut ulasannya yang dibahas oleh blog souletz.

Debu seringkali menjadi masalah utama yang membuat keyboard bermasalah. Untuk perawatannya, Anda dapat menggunakan sikat yang halus atau anda Juga bisa Menggunakan Vacum cleaner yang kecil

Kuman Seringkali juga menjadi pengganggu. Cara membersihkan Kuman nakal pada keyboard cukup dengan menggunakan larutan alkohol isopropil. Apabila kadar alkohol lebih dari 60%, maka akan membuat sirkuit sensitif pada keyboard jadi bermasalah. Bersihkan tombol keyboard menggunakan Cutton buds yang sudah dicelupkan ke larutan alkohol tadi.

Tumpahan Terkadang kita bisa saja tidak sengaja Menumpahkan cairan ke keyboard dan itu dapat menyebabkan Keyboard menjadi lengket serta macet bahkan tidak bisa berfungsi. Cara memberihkannya dengan mencongkel key tadi dengan alat yang keras tapi tipis misalnya obeng. Lakukan secara hati-hati. Kemudian bersihkan degan larutan Alkohol.


Cara Membersihkan Keyboard Komputer

Jika keyboard anda sudah dirawat dengan benar tapi tetap saja masih kotor, maka anda bisa membersihkannya dengan cara yang sdah dibahas oleh alamtekno berikut ini.
  1. Sebelum membersihkan keyboard, cabutlah kabel usb keyboard dari komputer. Kenapa ini dilakukkan? agar lebih mudah untuk membersihkannya.
  2. Miringkan atau balikkan keyboard lalu tiup lah debu atau partikel kecil yang terdapat pada keyboard dengan perlahan .
  3. Jika ada, gunakkan lah mini vacum cleaner atau penyedot debu untuk menyedot debu yang masih terdapat di dalam keyboard.
  4. Gunakkan lap dengan dibasahi sedikit air lalu bersihkan atas tuts keyboard dan sampingnya.
Cara menggunakan Keyboard yang benar
Yang terpenting selain tahu cara merawat keyboard, cara membersihkan keyboard, anda juga harus tahu cara menggunakan keyboard seperti yang dibahas oleh Portal Paseban antara lain:
  • Pergelangan tangan harus sejajar dengan telapak tangan. Selama menggunakan keyboard, buatlah agar pergelangan tangan Anda selemas mungkin.
  • Biarkan siku Anda menggantung. Jika menyandarkan siku di kursi ketika menggunakan keyboard, Anda akan kesulitan mengetik dan membuat lengan Anda tegang.
  • Tekan tombol dengan tenang dan jari yang lemas sehingga jari-jari Anda tidak akan cepat lelah.
  • Jika Anda sedang tidak mengetik, misalnya sedang mengarahkan kursor, gunakan kesempatan tersebut untuk melemaskan tangan Anda agar Anda menjadi rileks ketika kembali mengetik.
Nah lengkap sudah ya Cara Efekti merawat Keyboard diatas. Selain itu untuk mendukung kelancaran mengetik anda, maka ketahui juga cara mengetik dengan 10 jari. Cara Praktis belajar Mengetik 10 jari, mengetahui kumpulan shortcut komputer dan terakhir shostcut office word.